Cerita awal masuk Organisasi Kepemudaan Salman

Sebenernya ini cuma sebagai catatan singkat aja,

Buat nginget2 gimana awal masuk, bisa bergabung dengan organisasi salman,

Meski sekarang udah jarang ikut kumpul2 juga sih…hhe😀

Awalnya pas dulu pernah lagi kelas Matematika Teknik dengan dosen Bapak Heri Sutarno,

Saya perkenalkan dulu profil beliau, beliau adalah dosen LB difakultas Teknik Universitas Widyatama, dan sebagai Dosen tetap di Universitas Pendidikan Indonesia a.k.a UPI kalau gak salah beliau adalah kaprodi Teknik Informatika ya, bukan begitu pa? maaf kalau salah. hhe🙂

Ceritanya kalau dikelas beliau mengajar Matek yg hampir 2 jam lebih 30 menit untuk MK ini, sebagai penghilang jenuh berhadapan dengan angka2, kelas ini selalu diselangi dengan cerita2, yang bagi saya lumayan cukup untuk memberikan motivasi. beliau cerita dari mulai tentang beasiswa sampai cerita buat kita tambah wawasan dimana, saran untuk mengambil les sejak kuliah jika berniat untuk melanjutkan kuliah keluar negeri. (ini yg saya tangkap)

terus pada selingan berikutnya beliau menceritakan tentang rujukan tempat belajar programming,

Beliau bilang klo dirumah kayu salman ITB biasanya ada untuk pelatihan,

Karna masih awal kuliah masih semangat2nya nyari tau, alhasil saya coba deh telusurin..cieh gaya..haha

Mk ini ada tiap hari senin, dan baru sempat sy cari tau pada hari jumat.

Tepat pada saat jumatan.

Karna ternyata tempat masih ramai dipake sholat jumat, sekedar untuk menunggu sy berfikir untuk sekalian makan siang dulu, dan ternyata dibelakang masjid ini banyak tempat jajanan.

Tepatnya dijalan gelap nyawang (awalnya saya ga tau nama jalan ini) hehe,- dan tau nama jalan ini setelah beberapa waktu setelah sy bekerja disalah satu tempat di daerah ini- next story🙂

lanjut cerita, setelah jumatan selesai, sy bertanya sm orang yang lalu lalang disitu, karna kata kunci dari info yang saya dapat adalah rumah kayu, jadi saya tanya saja “rumah kayu itu disebelah mana??”(ini pertama sy menginjakan kaki sendiri ditempat ini) hehe

Terus orang yang saya tanya menjawab “masuk lewat sini, terus disitu tempatnya.

sy pun mengucapkan terimakasih sambil melihat2 mata menerawang (hehe sdkt lebay)

yupppzzz awalnya bingung ini lewat mana, saya takut salah masuk karna posisi sy depan kantin salman, dan untuk lewat kesana masih ada kertas koran atau alas untuk sholat.

Ya sudah sy lihat lantainya bukan keramik mungkin bisa saya lewatin. (rada parno bisi ditegur lagi) haha

yeaah akhirnya ketemu, dekat juga, kirain jauh,

terus saya tanya deh sama bagian2 bawah tempat itu, tampak pintu masih banyak yang tertutup mungkin karna memang waktu sedang sehabis shalat jumat dan orang belum pada kembali.

Saya berjalan dan melihat ada pintu yang terbuka,

Saya coba masuk dan berdiam diri didepan pintu dan bertanya “Assalamualikum, teh maaf mau tanya kalau bagian teknologi disini sebelah mana?”
Akang2 yang duduk sebelahnya yang menjawab “Ada dibagian atas de, masuknya lewat pintu sebelah,”

Lalu dengan baik hati akang2 itu nganterin sampe keatas, yang saya tau ternyata itu ada tempat sekre Kharisma dibawah, aksara juga – next red

terus naiklah keatas terus masuk deh kirain kaya lorong panjang dan ternyata ada pintu lagi, pintunya sedikit terbuka, terus akang2 yang nganterin itu bilang apa entah sy lupa intinya pas udah beberapa kali kesana saya ingat itu ternyata orang anggota aksara. terus pas tanya2 beliau kasih nomer pengurus PUSTENA. yang saya tau ternyata itu nomer ka Iqbal.

ok, sudah dapat nomer kontak yang saya simpan untuk nanti sore sy hubungi,

Untuk sekedar ingin tahu, sy coba masuk kemasjidnya sekalian sholat dzuhur.

Awalnya bingung ini masjidnya lewat mana, Pintu untuk perempuan dan laki2 dan yang pasti sy tanyakan tempat wudhunya dimana??

setelah tanya teteh2 yang sedang duduk diselasar depan ternyata untuk akhwat masuk melalui pintu kanan dan ternyata sudah ada tempat khusus untuk peminjaman mukena disana.

Wooww masjidnya semua dari kayu yang seingat saya bentuk masjid seperti ini pernah saya temui didekat kantor kerja babeh daerah wastukencana. U know what?? it is masjid Ukhuwah..

Karna dulu pernah sejak SD lg Boomin AA Gym ikut sm c teteh bersih2 kota bandung ceritanya smbil jalan kaki gitu..-next red

Nah udah deh urusan saya beres pas pulang langsung deh saya tanya gimana cara buat ikut gabung dibagian teknologi.

Yang saya kira awalnya ini berupa pelatihan program yang dikenakan biaya, ternyata FREE.

terus sambil nunggu kabar2 beberapa hari atau minggu berikutnya ada jarkoman buat kumpul.

Oya klo ga salah awalnya didata dulu, nama, universitas sm nope/email.

terus beberapa kali kumpul tepatnya hari minggu,jam 1. ternyata pelatihan ini udah lewat 2 minggu, ya maksudnya berarti sy tertinggal 2 kali materi terus dijelasin deh untuk kelanjutannya kalau ini dibagi jadi 3 bagian. programming, networking, sm 1 lagi robot2an / line follower cenah klo gak salah..haha maklum istilah yg baru sy dengar juga pada awalnya.

Yupzz cerita awal cukup segitu, pada proses kelanjutannya ini tetap konsisten ada, meski kadang ada beberapa minggu yg tidak ada pelatihan karna pengajar sedang ada urusan atau hal lainnya.

Tapi tetap sy ikuti, meski tidak ada kadang sy tetap datang kesanan, karna ternyata pas main kesana kadang banyak info yang sy simpan juga, ada beberapa acara yg selalu ada ditempel mading depan atau ruangan tempat penyimpanan sendal.

Entahlah karna ini tempat baru juga berbeda dengan lingkungan tempat kampus yg saya geluti, yang maaf saja kalau dibilang bau2 agama itu jarang sekali ada. (urusan lain tepatnya perbandingan terlalu banyak hedonisme).

kalau niat saya hanya untuk menyeimbangi antara spiritual dan intelegensia  (bahasa kerennya) haha

Saya geluti deh main didunia yang berbeda ini..hehe banyak yang saya lihat juga saya pelajari ditempat ini,

Yang jelas saya lihat mungkin kesederhanaan, ketenangan, terus sama apa ya melihat tampilan yang jelas beda dengan yang tiap hari saya lihat.

ada cerita yg gak buat sy lupa. ada yang tanya begini sm sy
Sis : “Kuliah dimana?”

Me : ” “Widyatama”

Sis :”Cuma sendiri”
me:”iya”

Sis : Dia cerita juga tentang kakanya..blablabla yg katanya dulu kakanya juga kuliah diwidyatama.
Dia bilang” oh dari widyatama mah jarang ya kesini, da lingkungannya jg gt kan, pada gaul, udah pasti dibilang gak ada yg mau kesini. haha dan saya cukup tersenyum, yaelah ini buktinya saya ada..haha

Me :’Iya lumayan jarang”

Ini yang slalu ditanyakan orang dan teman saya pun memang jarang ketempat beginian..haha

Maaf sedikit perbandingan dengan selintingan orang ya cukup banyak cerita.

Itu termasuk hal lain tentunya. cerita untuk disalman sendiri akan saya lanjutkan.

Terus setelah beberapa kali kesana ternyata lagi ada OPrec (awalnya sy gak tau apa lgi ini oprec, oprec, karna dikampus jarang pake istilah beginian,) terus pas lihat mading yang lain ternyata ini adalah singkatan dari Open Recruitment) haha, rada katro kali ya begini aja gak tau..ahah *.^ (manfaat baca tuh gini, info gak jelas bisa jadi jelas..hehe -sdkt tmbhn)

terus disitu ada deh oprec AKSARA, saya fikir karna pustena juga jarang atau memang hanya bertemu pada hari minggu saja, masih ada waktu lain yg sy ingin tahu dan biar ada manfaat untuk datang kesana jauh2 bisa dapet lebih juga (maksudnya ilmunya gt ya :D)

terus pas diselasar hari minggu-kalau gak salah, ada bedah buka tentang rumah seribu jendela- maaf klo salah judul) terus sy diem, nonton, dan lumayan seru,

terus pas selesai samping kantin ada basar buku juga, lumayan banyak digandrungi juga🙂 terus dimeja sebelahnya ada pendaftaran aksara juga. terus seperti biasa dengan keisengan saya tanya2 deh gimana, apa ya begitu2 lah.

Terus awalnya tau aksara karna memang pas pelatihan dipustena itu sebelahan sama aksara, saya lihat ada beberapa lemari buku, dengan buku penuh, terus, ada komputer dan ada tulisan yang sangat mencolok yg saya lihat terbuat dari kardus2 yg dilapisi koran, kemudian ditiap dusnya ditulis masing2 huruf hingga membentuk tulisan A.K.S.A.R.A.

Tiap kesana yang suka jadi pertanyaan itu apa, ini grup apa, ya begitu2 deh,

terus pas saya searching nemu group FBnya. looh belum anggota kok udah ikut group?? haha, namanya juga iseng dan coba2..hehe

jadi lumayan tau deh ini organisasi akan membahas apa, tentang apa dll.

Saya niat masuk kesana karna memang ingin tau juga, penasaran aja, liatnya kaya yg seru, klo dr sebelah..haha

Belajar pustena tp pikirannya jalan2..haha (sedikit tambahan saja) terus memang untuk referensi jurnalistik gimana, cara dan metode belajar ditempat lain, kebetulan dikampus juga ikutan organisasi pers. ya tahap belajar masih awal juga karna pengen tau aja buat ntar tau gimana cara dr regenerasi tiap organisasi smpe bagaimana lingkup diorganisasi tersebut..hihi,

terus jadi pas kebetulan ada pendaftaran itu langsung deh daftar, dan dikenakan biaya Rp 20.000

terus untuk organisasi ini saya cuma ikut sebentar, sangat disayangkan juga ternyata. karna 1 dan lain hal hehe, pas awal masih semangat,

Lumayan seru, pas awal diajak bahas buku ditaman, terus ada diskusi diperpus salman, terus ada bimbingan nulis juga. sekali yg saya ikutin dengan kang salim. oya untuk diskusi buku yg pernah sy ikutin pas yg jd pembicara, teh tristi yg pertama, kang okky, sm kang eko..

cerita nya cuma sampe disitu, selanjutnya nyimak via FB sm dan ternyata sekarang juga masih ada jarkom yang nyasar kesaya, yg saya tau itu dari dhila, teman pas waktu daftar aksara, oya yg pas barengan ma saya itu ada Dhila dan Tina yg lumayan agak dekat juga waktu itu.. apa mungkin mereka sudah lupa, entahlah..

Wah pas awal diskusi bareng yg sy rasa, oh ternyata kaya gini, cara diskusi disini, lebih santai, enjoy, dan lumayan seru baut sesi tanya-jawabnya..hehe

kalau dr sisi seperti itu, sy senang melihat orang kenapa coba???karna sy bisa tahu banyak karakter, dr mulai mereka bertanya, cara diskusi. ya gt2 deh..karna memang interest juga sama bidang psikologi, sy cukup senang perhatiin karakter, tingkah laku, sampe tebak2 sifat orang..hehe (ini yg sy pelajari dr seseorang yg ngajarin sy pas sekolah karna tau sy suka psikologi..ya gak pak Ferdi) haha, yg skrg gak mau dibilang bapak, tapi anang saja..haha (cerita lain, ttg diskusi kita segala macam with bapak Ferdian Saut) haha- unforgettable moment broo..hehe

Terus selain cuma disitu, 1 lagi organisasi salman yang pernah saya ikutin, aitu KHARISMA..

Gabung di KLC SMP (lupa juga nih singkatan KLC itu apa  kalau gak salah L = learning, C = Center, K nya saya lupa atau memang gak tau..haha

awalnya bisa ikut disini, karna diajak sama Jais, partner dipustena, yg seangkatan bareng juga gabung dipustenanya..hhe. terus sama Cici yg nama aslinya hashri..hehe Cw imut dari cianjur..cieehhh..hehe😀

Aslinya mereka baik banget..haha nganter sana, bareng sana sini, dan kita dulu suka ngobrol juga..hihi, walau cuma sebentar ya ci, hehe, waktu itu pernah jalan2 makan bareng di d’cost suka jadi sama semua anggota pengajar KHARISMA. ini juga yg saya pelajari.. oh begini toh keakraban mereka..hehe, hebat juga yang katanya memang rutin tiap awal bulan pas gajian ada makan bareng..adeuuhh..haha sama waktu itu makan diboboko ato apa ya, yg dibilang nampan gt deh, makan nasi kuning bareng teteh2 kharisma acara syukuran mungkin ya,

terus sm yg pernah diikutin dikharisma itu kalau kamis ada cermahan atau apalah namanya, tausiah dan sejenisnya tiap hari kamis, kebetulan jadwal ngajar selasa sama kamis..

Waktu itu ngajar anak SMP kelas 1 sama 2 yg punya cerita masing2..wah pengalaman ngajar serruuuuuu deh..haha

anak kelas 1 yg diajar cm 2-3 orang tiap minggunya, anaknya kalem2,

Tapi beuudd pas yg ngajar kelas 2 haaha, anak2nya rameee pisan, mana untuk 2 kelompok dijadiin 1. hampir 8-10 orang kalau gak salah..seruu sih.. kalau banyakan gt antisipasinya mereka sibuk sendiri,.haha, yg saya inget, apa coba yg mereka ceritain…???Tentang SMASH donk..haha, sy suka ketawa dalam hati dan senyum aja sama mereka, terus mereka bilang sama temennya, masa si ini suka sama SMASH..blabla..begitulah..haha, tapoi cukup bisa diatasin dan untuknya mereka cukup pintar, dikasih soal juga bisa jawab..hihi,

terus untuk mendekatkan PDKT gt ya, sy minta deh nomer kontaknya dan kita tukeran nope, pas mereka ujian sempet kasih kata2 motivasi gt deh, semangatin mereka..seruu deh, terus ada yg curhat juga..haha,

Semangat masih sekolah memang gak ada 2 nya deh..haha ini yg sy lihat dan pelajari tentang anak sekolah..cihhuuuuy kesempatan menelaah psikologis juga, meski baru luarnya aja..hehe

ya segitu deh singkat ceritanya, hal lain yg lebih seru juga banyak yg pastinya mungkin saya bisa ada ikut juga karna kesempatan yg allah berikan, kesimpulannya penuh kejutan : 1 pas dikelas cerita rumah kayu, tiba2 coba kebetulan banget pustena lg buka oprec, terus hal lainnya, ya pokonya kebetulan2 itu yg sy yakinin ini juga udah jalan-Nya mungkin saya dipertemukan dengan orang2 hebat juga sederhana. nyatanya itu semua hanya berlalu setahun full awal kuliah, tahun ke 2 mulai fokus target yg lain kuliah sambil kerja (ceritanya mandiri gt),haha yg nyatanya sy blm mampu buat ngadepin kerja full time..haha, sdkt cerita pas awal libur 3 bulan lumayan bisa kerja full sebagai AA disalah satu tempat Home Care daerah badak singa. pas masuk kuliah rada berat juga,  pagi kuliah, siang caaww kerja..hweekk berasa dikejar2 apa gt..hehe, jd pilih resign aja. dan meneruskan kuliah sambil kerja sebagai asdos dilab. yg lumayan ribet juga..haha, ya begitulah intinya semua memang harus dijalanin dengan happy biar happy ending juga, meski belum tuntas sih semua pelajarannya baru setengah jalan udah distop..hihi

Balik lagi semua ini tentang pilihan bukan???

Akhir cerita, cuma mau ngucapin Thanxs U guyzzz,,

Sudah memberi Warna untuk pelajaran 1 tahun saya disana..hihi😀

Semoga amal kebaikan, dibalas oleh Allah SWT dan kesan yang tersimpan menjadi kenangan yg terindah dan juga tak terlupakan..amin😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s